OFFICE PRESENTATION DESIGN AND CONTENT

 

 



Pengertian Office Presentation design and content

Microsoft PowerPoint merupakan suatu program dari Microsoft yang digunakan sebagai perangkat lunak untuk mempresentasikan materi kepada siswa di dalam proses pembelajaran serta diharapkan dapat membantu pencapaian tujuan pembelajaran dan peningakatan motivasi belajar siswa. Microsoft PowerPoint sebenarnya dapat digunakan untuk membuat suatu media pembelajaran interaktif.

 

Microsoft Powerpoint adalah sebuah program aplikasi microsoft office yang berguna sebagai media presentasi dengan menggunakan beberapa slide. Kehadiran powerpoint membuat sebuah presentasi berjalan lebih mudah dengan dukungan fitur yang sangat menarik dan canggih. Fitur template/desain juga akan mempecantik sebuah presentasi powerpoint.

Microsoft Powerpoint merupakan media yang menarik untuk pembelajaran terutama dalam pembelajaran diskusi serta presentasi tentang pemaparan materi didalam kelas. Presentasi adalah suatu metode penyampaian atau kamunikasi pada sebuah forum atau kelas baik yang terbuka maupun tertutup yang dalam  prosesnya menggunakan alat bantu atau tools dalam penyampaiannya.

 

Fungsi Office Presentation design and content

Peran dan fungsinya itu, diantaranya:

a)                Power Point memudahkan pengguna untuk menambahkan audio, video, gambar/foto, hingga animasi. Hal ini membuat presentasi menjadi lebih hidup dan menarik.

b)               Slide bisa diatur dan dicetak.

c)                Presentasi bisa diakses melalui perangkat komputer dimanapun, dengan catatan terkoneksi dengan cloud atau menggunakan penyimpanan berupa USB.


Fitur yang Terdapat di Aplikasi Microsoft Power Point

Lembar Kerja Power Point



Lembar kerja microsoft powerpoint adalah sebagai berikut:

 

1.  Menu File: adalah sebuah tombol dimana didalamnya terdapat perintah- perintah dasar seperti New, Open, Save, Print dan lain sebagainya.

2.  Toolbar: adalah sebuah papan menu (toolbar) dimana didalamnya terdapat perintah- perintah yang dapat diakses hanya dengan sekali klik, perintah tersebut diantaranya adalah new, open, save, quick print dan lain sebagainya.

3.  Menu Bar: adalah Menu yang merupakan bagian dari ribbon, yang didalamnya terdapat tab-tab perintah untuk pengaturan dokumen seperti Home, Insert, Design, Animations, Slide Show, Review, View. Selain itu nantinya akan ditambahkan lagi menu baru jika Anda mengaktifkan object tambahan.

4.  Ribbon : sebuah menu baru yang menggantikan system menu lama. Dalam ribbon Anda cukup memilih tab-tab yang disediakan pada saat memasuki sebuah menu, misalnya di dalam menu Home terdapat tab-tab Clipboard, Slides, Font, Paragraph, Drawing dan lain sebagainya. Dengan menggunakan ribbon Anda dapat dengan mudah mencari dan menggunakan perintah-perintah yang ingin Anda gunakan tanpa perlu keluar masuk menu dan sub menu seperti Powerpoint terdahulu.


5.  Lembar Kerja Powerpoint disebut juga Slide. Slide yang tampak di layar adalah tampilan default pada waktu Powerpoint dibuka untuk pertama kalinya.

6.  Slides View : berguna untuk menampilkan berapa jumlah slide yang telah dibuat serta menunjukan urut-urutan slide tersebut.

 

Save, Save As, Open Data

Dokumen yang Anda  buat harus disimpan agar nantinya dapat dipanggil kembali. Langkah menyimpan data tersebut adalah : File Save. Selanjutnya kotak dialog save as akan ditampilkan.



 Save As: adalah tempat penyimpanan Dokumen

Browse: adalah untuk mencari tempat penyimpanan file

 



 Tempat Penyimpanan file dapat kita tentukan , Contoh menyimpan pada Documents, Localdisk, dll

 File Name: adalah nama dokumen yang akan disimpan. Contoh nama file “ Data Siswa”


Anda  juga  dapat  menggunakan  icon  save  pada Quick Acces Toolbar, atau dengan menekan shortcut keyboard CTRL + S. Jika anda melakukan kesalahan dalam proses penyimpanan dan ingin menyimpan kembali, maka Anda dapat melakukan perintah Save As, maka kotak dialog Save As akan ditampilkan lagi.

Untuk membuka data yang telah tersimpan dengan cara : File open, selanjutnya akan ditampilkan kotak dialog Open, tentukan folder penyimpanan dan nama file yang akan dibuka. Agar proses membuka data lebih cepat Anda juga dapat mengklik icon open  atau menekan shortcut CTRL + O.

 

 

Pengaturan Slide

1.       Layout slide

Layout atau tata letak adalah bentuk slide secara mendasar. Powerpoint menyediakan pilihan layout yang dapat Anda gunakan. Cara menentukan layout adalah sebagai berikut:

1.               Klik Menu Home Layout pada Tab Slide.

2.               Tentukan layout yang akan Anda gunakan




3.                 Pada saat Powerpoint pertama kali dibuka maka secara otomatis layout yang aktif adalah Title Slide.

4.                 Menambah, Menghapus dan Menyusun Slide Menambah Slide dapat dilakukan dengan cara

·          Klik menu Home kemudian pilih New Slide, atau tekan tombol shortcut keyboard CTRL + M.


·         Menghapus slide dapat dilakukan dengan cara klik slide yang akan dihapus lalu klik kanan pilih delete.

·         Terkadang dalam pembuatan presentasi, terutama dalam jumlah slide yang banyak, slide-slide terkadang salah dalam peletakannya sehingga menjadi tidak berurutan.

·       Untuk memindahkan slide yang salah posisi cukup dengan melakukan klik dan drag ke posisi yang benar. Contoh dibawah ini menunjukan bahwa slide yang ke 3 salah posisinya, dan akan dipindah menjadi slide ke 4.



Format slide

Tampilan slide adalah salah satu unsur yang sangat penting untuk membuat presentasi yang menarik. Format slide dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1.       Klik slide yang akan diatur

2.       Klik menu Design lalu pilih salah satu theme yang telah disediakan



3.  Jika perlu merubah warna, pilih salah satu warna yang tersedia pada pilihan colour



4. Jika perlu melakukan pengaturan bentuk background, pilih background styles, lalu pilihsalah satu pilihan yang tersedia.


 



Menyisipkan dan Mengatur Object

Seperti halnya aplikasi yang lain di dalam office, Anda dapat juga menyisipkan object-object seperti Word Art, Shape, atau SmartArt. Karena pada buku sebelumnya pembuatan Object ini sudah dibahas, maka pada latihan ini akan dibahas cara menyisipkan Chart saja.

1.       Klik insert lalu chart


2.       Selanjutnya akan tampil table of content dalam bentuk excel worksheet di bagian atas Diagram/Chart . Lalu isikan data yang Anda inginkan.

3. Aktifkan Chart, pilih menu Design, kemudian atur tampilan sehingga menjadi seperti ini

 


Transitions dan Animations

Transitions adalah salah satu fitur yang jika dapat dimanfaatkan dengan baik, maka Anda akan mendapatkan presentasi yang menarik dan mendapatkan perhatian dari audien.

Langkah membuat animasi adalah sebagai berikut:

5.       Klik slide yang akan diberikan transitions

6.       Klik menu Transitions

7.       Pilih transitions yang akan digunakan pada slide tersebut

8.       Anda dapat mengatur kecepatan pada pilihan Duration

 


Animations digunakan untuk memberikan animasi satu-persatu pada setiap object yang ada di dalam slide, sehingga Anda dapat membuat animasi yang lebih kompleks daripada hanya menggunakan Animasi standar yang telah tersedia. Langkah menggunakan custom animations adalah sebagai berikut:

1.       Klik object yang akan diberikan animations





2.        Klik menu animations

3.        Pilih Add Effect lalu kemudian pilih salah satu opsi animations yang disediakan

a.        Entrance, animations object pada saat object akan ditampilkan

b.        Emphasis, animations dalam bentuk penekanan kepada kata-kata ataupun object

c.        Exit, animations pada saat object akan disembunyikan atau kebalikan dari Entrance


d.       Motion Paths, pembuatan animasi dengan cara menggambar paths sehingga pergerakan object akan mengikuti bentuk paths yang Anda gambar.

e.        Klik more effect untuk menampilkan seluruh animations yang disediakan


4.       Klik OK

5.       Ulangi kembali langkah dari No 1 sampai 5 untuk memberikan animations pada object yang lain.


Transitions sound digunakan untuk memberikan effect suara pada saat animations ditampilkan. Anda dapat memilih suara seperti tepuk tangan, kamera dan lain sebagainya.













Menampilkan Transitions dan Animations

Apabila presentasi telah selesai dibuat, maka langkah selanjutnya adalah menampilkan transitions dan animations tersebut. Cara menampilkan transitions dan animations adalah sebagai berikut:

1.      Klik Menu Slide Show

2.      Pilih From Beginning  untuk menampilkan animasi dariawal

3.      Atau pilih From Current Slide untuk menampilkan animasi dari slide yang sedang aktif di layar.

4.      Agar lebih cepat Anda juga dapat menekan tombol shortcut F5 pada keyboard Anda.

 

Mengatur Pointer Pada Saat Slide Show

Pada saat animations berjalan (Slide Show) Anda juga dapat menampilkan Pointer  dan memberikan effect yang Anda inginkan untuk memberikan penekanan pada point-point yang Anda bicarakan, cara mengatur pointer adalah sebagai berikut:

1.               Tekan F5 untuk menampilkan animasi

2. Pada saat animasi berjalan klik kanan di layar sehingga tampil seperti dibawah ini :  



3. Pilih pointer option lalu tentukan pilhan yang akan digunakan, misalnya Laser Pointer akan menampilkan tampilan seperti ini  


Menutup Powerpoint

Apabila Anda akan mengakhiri pekerjaan Anda maka Anda dapat menutup aplikasi dengan mengklik tombol   Close (    ), atau Exit Word pada Office Button, atau dengan menekan shortcut CTRL + W.


Apabila ada data yang masih belum tersimpan, maka akan muncul kotak dialog seperti dibawah ini :

1.               Pilih Yes untuk menyimpan dokumen

2.               Pilih No untuk keluar tanpa menyimpan

3.               Pilih C ancel untuk batal keluar dan melanjutkan bek


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages