OFFICE SPREADSHEET
MISCROSOFT EXCEL
Definisi Spreadsheet
Spreadsheet adalah sebuah program komputer yang digunakan
untuk menyimpan, menampilkan, serta mengolah data dalam bentuk baris dan kolom
. Baris biasanya menggunakan label angka 1,2,3 dan seterusnya .Sedangkan kolom menggunakan label abjad seperti A, B, C, dan seterusnya.
Pengolahan data dalam spreadsheet disimpan dalam sebuah sel. Pertemuan antara
baris dan kolom dinamakan sel.Tiap sel yang terdapat di dalam spreadsheet
sangat berhubungan erat dan saling terkait.Jadi ketika salah satu sel saja
diubah maka sel yang lain pun akan ikut berubah.Ada juga beberapa aplikasi yang
sering digunakana menggunakan spreadsheet yaitu Microsoft Excel.
Sejarah dari Microsoft Excel
Microsoft Excel pertama kali diluncurkan pada tahun 1985, namun hanya tersedia untuk sistem operasi Mac OS atau Macintosh dan itupun masih hanya bernama Excel, tanpa Microsoft di depannya. Pada awal peluncuran Excel tersebut, microsoft sempat dituntut perusahaan-perusahaan lainnya yang juga bergerak pada bidang finansial yang juga mengeluarkan produk yang dinamai Excel. Pada akhir tuntutan itu Microsoft dikalahkan perusahaan tersebut dan barulah sepenuhnya berganti nama menjadi Microsoft Excel.
Ketika pertama kali dibundel ke dalam Microsoft Office
pada tahun 1993, Microsoft pun mendesain ulang tampilan antar muka yang
digunakan oleh Microsoft Word dan Microsoft PowerPoint untuk mencocokkan dengan
tampilan Microsoft Excel, yang pada waktu itu menjadi aplikasi spreadsheet yang
paling disukai. Keberhasilan
Microsoft ini membuat mereka selalu berkembang dan terus mengeluarkan
versi-versi terbaru sampai sekarang.
Microsoft juga mengintegrasikan fungsi untuk mencegah
penyalahgunaan macro dengan menonaktifkan macro secara keseluruhan, atau
menngaktifkan macro ketika mengaktifkan workbook, atau mempercayai macro yang
dienkripsi dengan menggunakan sertifikat digital yang tepercaya. Sampai versi
11.0 (Microsoft Excel 2003), Microsoft Excel masih memakai ekstensi .xls, namun
mulai pada versi 12.0 (Microsoft Excel 2007) Microsoft Excel mengenalkan
ekstensi baru yakni .xlsx yang dianggap lebih baik dari ekstensi sebelumnya.
Pengertian dari Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah
sebuah program atau aplikasi yang merupakan bagian dari paket instalasi
Microsoft Office, berfungsi untuk mengolah angka menggunakan spreadsheet yang
terdiri dari baris dan kolom untuk mengeksekusi perintah. Microsoft Excel telah
menjadi software pengolah data / angka terbaik di dunia. Microsoft Excel secara
fundamental menggunakan spreadsheet untuk manajemen data serta melakukan
fungsi-fungsi Excel yang lebih dikenal dengan formula Excel. Excel merupakan
program spreadsheet elektronik. Spreadsheet adalah kumpulan dari Sel yang
terdiri atas baris dan kolom tempat anda memasukkan angka pada Microsoft Excel.
Fungsi Microsoft Excel
Fungsi utama dari
program pengolah angka adalah perhitungan
dan pengolahan data berupa angka. Program aplikasi ini
dapat digunakan untuk menghitung secara matematis dan membantu melakukan analisis
lewat pembuatan data statistik atau semacamnya.
Manfaat dari menggunakan Microsoft Excel
1.
Membuat dan mengelola
administrasi
2. Mengoperasikan data tabel, grafik dan statistika
3. Software akuntansi
Fitur yang ada di Microsoft Excel
1. Tombol Microsoft Office
2. Quick Access Toolbar
Quick Access Toolbar memberikan Anda akses ke perintah yang sering digunakan. Secara default, Save, Undo, dan Redo muncul di Quick Access toolbar. Anda dapat menggunakan Simpan untuk menyimpan file Anda, Undo untuk memutar kembali tindakan yang telah diambil, dan Redo mengajukan permohonan kembali tindakan Anda telah bergulir kembali.
3. Title Bar
Sebelah Cepat Akses toolbar adalah Judul bar. Pada Title bar, Microsoft Excel akan menampilkan nama buku kerja yang sedang Anda gunakan. Di bagian atas jendela Excel, Anda akan melihat “Microsoft Excel – Boo k1″ atau nama yang sama.
4. Ribbon
Dalam Microsoft Excel 2007, Anda menggunakan Ribbon untuk mengeluarkan perintah. Ribbon terletak di dekat bagian atas jendela Excel, di bawah Akses Cepat toolbar. Di bagian atas Ribbon beberapa tab, klik tab menampilkan beberapa kelompok perintah yang terkait. Dalam setiap kelompok terkait tombol perintah. Anda klik tombol untuk mengeluarkan perintah atau untuk mengakses menu dan kotak dialog. Anda juga dapat menemukan kotak dialog peluncur di sudut kanan bawah dari kelompok. Ketika Anda mengklik kotak dialog peluncur, dialog membuat kotak tambahan perintah yang tersedia.
5. Lembar kerja
Microsoft Excel terdiri dari lembar kerja. Setiap worksheet berisi kolom dan baris. Kolom yang berhuruf A sampai Z dan kemudian melanjutkan dengan AA, AB, AC dan sebagainya, baris diberi nomor 1 sampai 1048576. Jumlah kolom dan baris Anda dapat memiliki dalam worksheet dibatasi oleh memori komputer Anda dan sumber daya sistem Anda.
Kombinasi dari koordinat kolom dan baris berkoordinasi membentuk sebuah alamat sel. Misalnya, sel yang terletak di sudut kiri atas pada worksheet adalah sel A1, yang berarti kolom A, baris 1. Sel E10 terletak di bawah kolom E pada baris 10. Anda memasukkan data Anda ke dalam sel pada worksheet.
6. Formula Bar
Jika Formula bar dihidupkan, alamat sel dari sel Anda berada dalam display di kotak Nama yang terletak di sisi kiri Formula bar. Entri sel ditampilkan di sisi kanan Formula bar. Jika Anda tidak melihat Formula bar di jendela Anda, lakukan langkah-langkah berikut:
1.
Pilih tab View.
2.
Klik Formula Bar di Tampilkan / Sembunyikan grup. Formula bar
muncul.
7. Status Bar
Status bar akan muncul di bagian paling bawah jendela Excel dan memberikan informasi seperti jumlah, rata-rata, minimum, dan nilai maksimal dari nomor yang dipilih. Anda dapat mengubah apa yang terlihat pada Status bar dengan mengklik kanan pada panel Status dan memilih opsi yang Anda inginkan dari menu Customize Status Bar. Anda klik sebuah menu item untuk memilihnya. Anda klik kembali ke hapus itu. Sebuah tanda centang item berarti item yang dipilih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar