OFFICE DOCUMENT

 

OFFICE DOCUMENT

“MICROSOFT WORD”





Definisi  Microsoft Word

Microsoft Word adalah sebuah program yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft Office, berfungsi sebagai perangkat lunak pengolah kata meliputi membuat, mengedit, dan memformat dokumen. Perangkat lunak pengolah kata atau word processing adalah program yang digunakan untuk mengolah dokumen berupa teks misalnya surat, kertas kerja, brosur, kartu nama, buku, jurnal, dan lain-lain.

 

Sejarah Microsoft Word

1) . Pengembangan Microsoft Word

Pada tahun 1981, Microsoft bekerja sama dengan Charles Simonyi, yang merupakan seorang pengembang Bravo, perangkat lunak pengolah kata pertama yang ada di dunia. Simonyi kemudian mulai mengerjakan projeck pengolah kata bernama Multi-Tool Word, dengan  dibantu oleh Richard Brodie, bekas pegawai Xerox. Pada tahun-tahun berikutnya Brodie yang menjadi pengembang utama Multi-Word Tool. Kemudian pada tahun 1983, Microsoft merilis Multi-Tool Word untuk perangkat Xenix dan MS-DOS. Nama ini selanjutnya lebih disederhanakan lagi menjadi Microsoft Word. Microsoft Word dirancang secara khusus untuk digunakan dengan mouse. Dari segi kemampuan, Microsoft Word pada saat itu masih terbatas hanya untuk melakukan undo, display teks bold, italic dan underlined atau dengan garis bawah.

Seiring berjalannya waktu sejak diciptakannya, Microsoft terus melakukan menyempurnakan Word dengan merilis versi 2.0 hingga 5.0 hanya dalam kurun waktu enam tahun saja. Pada tahun 1985, Microsoft Word memperkenalkan Word yang dapat digunakan untuk perangkat Mac OS. Sejak diluncurkannya untuk perangkat Mac OS, penjualan Mac OS menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan penjualan di perangkat MS-DOS selama lebih dari empat tahun.

2). Dinobatkan Sebagai yang Terbaik

Di pertengahan 90-an, Word pada perangkat Mac OS tidak mempunyai kompetitor yang berarti. Microsoft Word 5.1 yang diluncurkan pada tahun 1992 kemudian terkenal di kalangan pengguna komputer karena memiliki tampilan yang elegan, kemudahan penggunaan serta beragam fitur yang sangat berguna.Banyak yang mengatakan dari para penggunanya bahwa, Microsoft Word 5.1 merupakan versi terbaik yang pernah dibuat oleh Microsoft.

3). Microsoft Word 2007

Peluncuran Microsoft Word 2007 diperuntukkan bagi kalangan bisnis pada tanggal 30 November 2006, dan di pasarkan secara luas pada tahun 2007 untuk menyaingi platform Windows vista. Dirilisnya Microsoft Word 2007 ini bertujuan agar program aplikasi pengolah kata atau word processor dapat dengan mudah digunakan. Selain itu juga agar dapat memanfaatkan bagi semua fasilitas yang ada, baik pada sistem jaringan internet ataupun intranet. Microsoft Word 2007 atau yang sering juga disebut Word 2007 adalah pengembangan dari beberapa versi sebelumnya. Setiap versi terbaru yang dikeluarkan, sudah mengalami banyak perubahan dan perbaikan di berbagai bagian, sehingga menyediakan fleksibilitas yang lebih tinggi. Selain itu juga ditingkatkan fasilitas secara penuh untuk akses internet dari setiap program Aplikasinya. Kemampuannya dalam membuat tabel, menyisipkan program lain ke program Word 2007 serta kemudahan dalam menggunakannya. Microsoft Word 2007 merupakan versi terbaru, dan benar-benar berbeda dari versi sebelumnya. Ada banyak keunggulan yang ditawarkan dalam membantu proses bisnis dengan cepat dan tepat. Pengguna akan mendapatkan banyak hal baru yang bisa dimanfaatkan dalam mendukung kualitas kerja pekerjaan.

4). Microsoft Word 2010

Dalam sejarah, Microsoft Word 2010 perkembangannya terjadi di hampir semua fitur dan fasilitasnya, sehingga saat ini semakin banyak penggunanya yang sudah mengadaptasi untuk laptop atau komputer sendiri-sendiri. Hingga saat ini, Microsoft Word sudah sangat terkenal hingga ke berbagai penjuru dunia. Microsoft Word sendiri mayoritas digunakan untuk melakukan berbagai tugas atau pekerjaan yang mengharuskan penggunaan Microsoft Word ini. Microsoft Word 2010 biasa digunakan untuk membuat suatu surat, artikel, dan juga brosur atau juga yang lainnya karena memiliki fitur yang lebih lengkap dan kompleks. Selain itu, ada banyak fasilitas lain yang disediakan oleh Microsoft Word, dimana beragam fasilitas itu sangat bermanfaat bagi kita dalam pengolahan gambar-gambar yang menarik, dan juga dokumen yang lucu-lucu. Semua itu sangat mudah kita lakukan untuk mempermudah pekerjaan, selain itu kita juga dapat mengerjakan berbagai macam rumus matematika atau pun tentang ilmiah dan semacamnya. Hingga saat ini, versi terbaru yang diluncurkan sudah semakin canggih dan lengkap yang disesuaikan pada zaman sekarang yang teknologi nya juga semakin canggih.

5) Misicrosoft Word 2016

Microsoft Office 2016 atau yang memiliki sandi Office 16 merupakan versi dari paket aplikasi perkantoran dari Microsoft Office. Versi Word ini menggantikan kedua versi sebelumnya yaitu, Office Word 2013 dan Office untuk Mac 2011. Microsoft Word 2016 dirilis untuk OS X pada tanggal 9 Juli 2015 untuk pelanggan Office 365. Sedangkan pada tanggal 22 September 2015 baru dirilis secara resmi. Saat dirilis, pratayang untuk versi Windows yang diumumkan dalam konferensi Ignite di Chicago pada bulan Mei 2015. Dalam versi beta, juga telah tersedia Office 365 bagi pengguna untuk mencoba, atau untuk mengunduh sebagai percobaan beta.

6). Fungsi Microsoft Word

Kegunaan dan fungsi Microsoft Word diantaranya yaitu :

a.       Untuk membuat dokumen dengan cepat dan tepat.

b.      Untuk membuat dokumen yang dapat dicetak (print)

c.       Untuk membuat surat-menyurat  dalam urusan resmi maupun tidak resmi.

d.      Untuk membuat variasi bentuk tulisan agar lebih menarik.

e.       Untuk membuat keperluan tipografi penulisan.

f.       Untuk menyimpan dokumen dalam format tertentu dengan ukuran kecil

7). Manfaat Microsoft Word

a.       Mempermudah pelaksanaan kerja dalam urusan administrasi dan pengolahan kata.

b.      Menghemat waktu dan tenaga.

c.       Menghemat kertas dan biaya.

d.      Meminimalisir tingkat kesalahan dalam penulisan.

e.       Mempercepat penyelesaian kerja karena lebih efisien.

 

8). Fungsi-Fungsi Menu Bar Pada Microsoft Word

Menu file, sub menu file



New : membuka document baru yang masih kosong

Open: membyuka file document yang telah disimpan

Close: menutup document

Save : menyimpan document ke media penyimpanan

Save As : menyimpan document ke media penyimpanan dengan format lain

Save As web Page : menyimpan dalam format file web page

Seacrh : mencari teks tertentu dari suatu file

Versisons : untuk mengetahui versi Ms. Word

Web page priview : melihat tampilan dokumen dalam format web page

Page setup : mengatur tampilan halaman yang akan di cetak

Print priview :melihat tampilan dari dokumen yag akan di cetak

Print : mencetak dokumen dan mengatur kerja printer

Send to :mengirim document melalui E-mail

Propertise :mengetahui beberapa keterangan mengenai dokument.

Exit : menutup program Ms. Word

 

Menu edit, sub menu edit



Undo : membatalkan perintah yang telah dilakukan

Redo : mengulangi perintah yang telah dilakukan

Cut : menghapus/memindahkan teks atau objec ke clipboard

Copy : menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard

Office clipboard : membuka isi clipboard

Paste: menempatkan objek/ teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada

Paste special : menempatkan obek/teks pada clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda

Paste hyperlink : menempatkan teks sebagai hyperlink

Clear : menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comment), isi data (content), yang ada pada lembar kerja

Select All: memblok semua isi document

Find : mencari kata dari document yang aktif

Replace : mencari dan mengganti kata tertentu dari dokument yang sedang aktif

Go to : menujju ke halaman

Links : mengubah sumber link objek pada document yang aktif

Object : mengedit object yang bukan berasal dari document word

 

Menu view, sub menu view



Normal : mengubah tampilan layar ke bentuk normal

Web layout : mengubah tampilan layar dalam bentuk web view

Print layout :mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print preview

Outline : mengubah tampilan layar ke bentuk out line view

Task pane : menampilkan / menyembunyikan bantuan task pane di layar

Toolbars : menampilkan dan menyembunyikan toolbar

Ruler : menampilkan / menyembunyikan mistar/garis pengatur

Show paragraph marks : menampilkan simbol paragraph

Gridlines : menmpilkan tanda garis pada lembar kerja

Document map : menmpilkan dokumen dengan disertai peta gambar

Header footer : membuat dan menghapus judul atas dan bawah di document

Markup : menampilkan toolbar markup

Fullscreen : menampilkan document dalam satu layar penuh

Zoom : menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar


Menu insert, sub menu insert


Break : menentukan jenis perpindahan halaman

Page number : Memberi nomor halaman

Date and time : menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini

Autotext :menyisipkan kata

Field : menyisipkan field

Symbol : menhyisipkan simbol ke dalam teks

Comment : mnyisipkan komentar

Reference : menyisipkan footnote, caption, cross reference

Web component : menyisipkan komponen dari web

Picture : menyisipkan gambar

Diagram : menyisipkan diagram

Text box : menyisipkan teks / atau gambar yang berada dalam kotak   tertentu ke dalam dokumen aktif

File : menampilkan toolbar markup

Object : menyisipkan objek ke dalam dokument

Bookmark : menyisipkan tanda pada suatu teks, file, atau dokumen (HTML)

 

 

Menu tools, sub menu tools



Spelling and grammar : menjalankanpemeriksaan ejaan dan tatabahsa dari teks atau paragraf dalam suatu dokumen

Language : menjalangkan pasilitas penerjemah bahasa

Word count : memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karakter, paragraf dan baris yang terdapat dalam dokumet aktif

Speech : mengubah pembicaraan melalui microfon menjadi teks atau sebaliknya

Track changes : menandai teks yang baru diubah sisihnya

Compare and marge documents : membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dengan dokumen lainnya

Protect document : melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokument

Online collaboration : menggandakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet

Letters and mailings : memuat surat melalui fasilitas wizard

Macro : membuat dan menghapus macro sendiri

Template dan add_ins : mengatur tampilan template

Autocorrect option : memperbaiki teks secara otomatis

Costumize : menata toolbar, menambahkan perintah baru, membuat menu dari toolbar sesuai keinginan

Options : membantu menjawab sevekas tabulasi , yaitu view, edit, print, save, user, information, compability, file locations, security, spelling dan grammar dan track changes

 

 

Menu table, sub menu table



Draw table : menampilkan toolbar tables dan borders untuk membuat gammbar tables

Insert : menyisipkan tables, baris, sel dan kolom

Delete : menghapus tabl;es, baris, sel, dan kolom

Merge cells :menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel

Split cell : memecah sel menjadi beberapa sel

Spilt tables : memecah table menjadi beberapa table

Table autoformat : memformat table dengan format yang telah disediakan Ms. Word

Autofot : menentukanpenyesuaian judul windows kolom secara otomatis

Heading rows repeat : mengulang baris judul

Convert : mengkorversi teks menjadi table, atau sebaliknya

Sort : mengurutkandata ata teks

Formula : menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word

Hide gridines : menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada table

Table propertise : menampilkan kotak dialog table propertise

 

Menu window, sub menu window

New window : menampilkan dokument yang sama dalam jendela yang beda

Arrange all : mengatur letak dan bentuk jendela dokument yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen yang aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan

Split : membagi dokumen yang katif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian tang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan

 

Menu help, sub menu help



Microsoft word help : menampilakan menu help word

Show the office assistant : menyembunyikan atau menampilkan office assistent

Office on the web : menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalui internet

Activate product :mendeteksi aplikasi word

Detect and repair : mendeteksi dan memperbaiki program word

About Ms. Word :menampilkan kotak dialog tentang Ms. Word yang digunakan

 

Fungsi Tombol Keyboard Komputer



 

Ctrl + A             : select All

Ctrl + B             : bold

Ctrl + C             : copy

Ctrl +D              : font

Ctrl + E             : rata tengah

Ctrl + F             : find

Ctrl + G             : Go to

Ctrl + H             : replace

Ctrl + I              : teks miring

Ctrl + J              : justify alighment

Ctrl + K             : insert hyperlink

Ctrl + L             : rata kanan

Ctrl + M            : hanging ident

Ctrl + N             : new

Ctrl + O             : open

Ctrl + P             : print

Ctrl + Q            : normal style

Ctrl +R              : rata kiri

Ctrl + S             : save/ save as

Ctrl + T             : left ident

Ctrl + U             : underline

Ctrl + V             : paste

Ctrl + W            : close

Ctrl + X             : cut

Ctrl + Y             : redo

Ctrl + Z             : undo

Ctrl +1              : singgle spacing

Ctrl + 2             : double spacing

Ctrl + 5             : 1, 5 lines

Ctrl + esc          : star menu

 

Kelebihan Dan Kekurangan

Kelebihan

1.      Dapat menyimpan dokumen dan dapat dibuka kapan saja.

2.      Dapat menyimpan dokumen dengan beragam format sesuai kebutuhan.

3.      Ukuran dokumen bila tersimpan relatif kecil sehingga tidak banyak memakan ruang penyimpanan.

4.      Tersedia banyak template yang bebas digunakan.

5.      Terkoneksi dengan SkyDrive.

6.      Adanya variasi gaya tulisan yang sangat menarik.

7.      Tersedia tampilan reading view dan print view.

8.      Terdapat fitur untuk memasukkan gambar dan clipart.

9.      Tersedia pengaturan tulisan tentang jarak, ukuran, warna, dan sebagainya.

10.  Adanya fitur find dan replace untuk memudahkan mencari kata.

11.  Tersedia fitur bullet dan numbering yang mempermudah membuat poin penting dokumen. 

 

Kelemahan

1.      Ukuran untuk installer (penginstallan) cukup besar.

2.      Selalu mempunyai versi terbaru dari waktu ke waktu, jadi jika pengguna ingin menggunakan ms word terbaru, maka harus menyesuaikan spesifikasi terlebih dahulu laptop atau komputer yang hendak digunakan

3.      Minimal harus menggunakan operasi sistem windows XP SP2, untuk ini sepertinya tidak perlu khawatir karena kebanyakan saat ini perangkat komputer atau laptop minimal telah menggunakan os windows7

4.      Membutuhkan waktu untuk proses penyesuaian sistem, hal ini dikarenakan microsoft office selalu melakukan update dan memiliki versi terbaru

5.      Jenis format default .docx yang tidak akan bisa terbaca pada microsoft word 2003. Tapi kamu dapat mengakali dengan fitur save as.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages