OFFICE
DOCUMENT
“MICROSOFT
WORD”
Definisi Microsoft Word
Microsoft
Word adalah sebuah program yang merupakan bagian dari paket instalasi Microsoft
Office, berfungsi sebagai perangkat lunak pengolah kata meliputi membuat,
mengedit, dan memformat dokumen. Perangkat lunak pengolah kata atau word
processing adalah program yang digunakan untuk mengolah dokumen berupa teks
misalnya surat, kertas kerja, brosur, kartu nama, buku, jurnal, dan lain-lain.
Sejarah
Microsoft Word
1)
. Pengembangan Microsoft Word
Pada
tahun 1981, Microsoft bekerja sama dengan Charles Simonyi, yang merupakan
seorang pengembang Bravo, perangkat lunak pengolah kata pertama yang ada di
dunia. Simonyi kemudian mulai mengerjakan projeck pengolah kata bernama
Multi-Tool Word, dengan dibantu oleh
Richard Brodie, bekas pegawai Xerox. Pada tahun-tahun berikutnya Brodie yang
menjadi pengembang utama Multi-Word Tool. Kemudian pada tahun 1983, Microsoft
merilis Multi-Tool Word untuk perangkat Xenix dan MS-DOS. Nama ini selanjutnya
lebih disederhanakan lagi menjadi Microsoft Word. Microsoft Word dirancang secara
khusus untuk digunakan dengan mouse. Dari segi kemampuan, Microsoft Word pada
saat itu masih terbatas hanya untuk melakukan undo, display teks bold, italic
dan underlined atau dengan garis bawah.
Seiring
berjalannya waktu sejak diciptakannya, Microsoft terus melakukan menyempurnakan
Word dengan merilis versi 2.0 hingga 5.0 hanya dalam kurun waktu enam tahun
saja. Pada tahun 1985, Microsoft Word memperkenalkan Word yang dapat digunakan
untuk perangkat Mac OS. Sejak diluncurkannya untuk perangkat Mac OS, penjualan
Mac OS menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan penjualan di perangkat MS-DOS
selama lebih dari empat tahun.
2).
Dinobatkan Sebagai yang Terbaik
Di
pertengahan 90-an, Word pada perangkat Mac OS tidak mempunyai kompetitor yang
berarti. Microsoft Word 5.1 yang diluncurkan pada tahun 1992 kemudian terkenal
di kalangan pengguna komputer karena memiliki tampilan yang elegan, kemudahan
penggunaan serta beragam fitur yang sangat berguna.Banyak yang mengatakan dari
para penggunanya bahwa, Microsoft Word 5.1 merupakan versi terbaik yang pernah
dibuat oleh Microsoft.
3).
Microsoft Word 2007
Peluncuran
Microsoft Word 2007 diperuntukkan bagi kalangan bisnis pada tanggal 30 November
2006, dan di pasarkan secara luas pada tahun 2007 untuk menyaingi platform Windows
vista. Dirilisnya Microsoft Word 2007 ini bertujuan agar program aplikasi
pengolah kata atau word processor dapat dengan mudah digunakan. Selain itu juga
agar dapat memanfaatkan bagi semua fasilitas yang ada, baik pada sistem
jaringan internet ataupun intranet. Microsoft Word 2007 atau yang sering juga
disebut Word 2007 adalah pengembangan dari beberapa versi sebelumnya. Setiap
versi terbaru yang dikeluarkan, sudah mengalami banyak perubahan dan perbaikan
di berbagai bagian, sehingga menyediakan fleksibilitas yang lebih tinggi.
Selain itu juga ditingkatkan fasilitas secara penuh untuk akses internet dari
setiap program Aplikasinya. Kemampuannya dalam membuat tabel, menyisipkan
program lain ke program Word 2007 serta kemudahan dalam menggunakannya. Microsoft
Word 2007 merupakan versi terbaru, dan benar-benar berbeda dari versi
sebelumnya. Ada banyak keunggulan yang ditawarkan dalam membantu proses bisnis
dengan cepat dan tepat. Pengguna akan mendapatkan banyak hal baru yang bisa
dimanfaatkan dalam mendukung kualitas kerja pekerjaan.
4).
Microsoft Word 2010
Dalam
sejarah, Microsoft Word 2010 perkembangannya terjadi di hampir semua fitur dan
fasilitasnya, sehingga saat ini semakin banyak penggunanya yang sudah
mengadaptasi untuk laptop atau komputer sendiri-sendiri. Hingga saat ini,
Microsoft Word sudah sangat terkenal hingga ke berbagai penjuru dunia.
Microsoft Word sendiri mayoritas digunakan untuk melakukan berbagai tugas atau
pekerjaan yang mengharuskan penggunaan Microsoft Word ini. Microsoft Word 2010
biasa digunakan untuk membuat suatu surat, artikel, dan juga brosur atau juga
yang lainnya karena memiliki fitur yang lebih lengkap dan kompleks. Selain itu,
ada banyak fasilitas lain yang disediakan oleh Microsoft Word, dimana beragam
fasilitas itu sangat bermanfaat bagi kita dalam pengolahan gambar-gambar yang
menarik, dan juga dokumen yang lucu-lucu. Semua itu sangat mudah kita lakukan
untuk mempermudah pekerjaan, selain itu kita juga dapat mengerjakan berbagai
macam rumus matematika atau pun tentang ilmiah dan semacamnya. Hingga saat ini,
versi terbaru yang diluncurkan sudah semakin canggih dan lengkap yang
disesuaikan pada zaman sekarang yang teknologi nya juga semakin canggih.
5)
Misicrosoft Word 2016
Microsoft
Office 2016 atau yang memiliki sandi Office 16 merupakan versi dari paket
aplikasi perkantoran dari Microsoft Office. Versi Word ini menggantikan kedua
versi sebelumnya yaitu, Office Word 2013 dan Office untuk Mac 2011. Microsoft
Word 2016 dirilis untuk OS X pada tanggal 9 Juli 2015 untuk pelanggan Office
365. Sedangkan pada tanggal 22 September 2015 baru dirilis secara resmi. Saat
dirilis, pratayang untuk versi Windows yang diumumkan dalam konferensi Ignite
di Chicago pada bulan Mei 2015. Dalam versi beta, juga telah tersedia Office
365 bagi pengguna untuk mencoba, atau untuk mengunduh sebagai percobaan beta.
6).
Fungsi Microsoft Word
Kegunaan
dan fungsi Microsoft Word diantaranya yaitu :
a. Untuk
membuat dokumen dengan cepat dan tepat.
b. Untuk
membuat dokumen yang dapat dicetak (print)
c. Untuk
membuat surat-menyurat dalam urusan resmi maupun tidak resmi.
d. Untuk
membuat variasi bentuk tulisan agar lebih menarik.
e. Untuk
membuat keperluan tipografi penulisan.
f. Untuk
menyimpan dokumen dalam format tertentu dengan ukuran kecil
7).
Manfaat Microsoft Word
a. Mempermudah
pelaksanaan kerja dalam urusan administrasi dan pengolahan kata.
b. Menghemat
waktu dan tenaga.
c. Menghemat
kertas dan biaya.
d. Meminimalisir
tingkat kesalahan dalam penulisan.
e. Mempercepat
penyelesaian kerja karena lebih efisien.
8).
Fungsi-Fungsi Menu Bar Pada Microsoft Word
Menu
file, sub menu file
New : membuka document baru yang masih
kosong
Open: membyuka file document yang telah
disimpan
Close: menutup document
Save : menyimpan document ke media
penyimpanan
Save As : menyimpan document ke media
penyimpanan dengan format lain
Save As web Page : menyimpan dalam
format file web page
Seacrh : mencari teks tertentu dari
suatu file
Versisons : untuk mengetahui versi Ms.
Word
Web page priview : melihat tampilan
dokumen dalam format web page
Page setup : mengatur tampilan halaman
yang akan di cetak
Print priview :melihat tampilan dari
dokumen yag akan di cetak
Print : mencetak dokumen dan mengatur
kerja printer
Send to :mengirim document melalui
E-mail
Propertise :mengetahui beberapa
keterangan mengenai dokument.
Exit : menutup program Ms. Word
Menu edit, sub menu edit
Undo : membatalkan perintah yang telah
dilakukan
Redo : mengulangi perintah yang telah
dilakukan
Cut : menghapus/memindahkan teks atau
objec ke clipboard
Copy : menyalin teks atau objek yang
dipilih ke clipboard
Office clipboard : membuka isi clipboard
Paste: menempatkan objek/ teks yang ada
di clipboard pada posisi titik sisip berada
Paste special : menempatkan obek/teks
pada clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda
Paste hyperlink : menempatkan teks
sebagai hyperlink
Clear : menghapus semua data (All),
format data (formats), komentar (comment), isi data (content), yang ada pada
lembar kerja
Select All: memblok semua isi document
Find : mencari kata dari document yang
aktif
Replace : mencari dan mengganti kata
tertentu dari dokument yang sedang aktif
Go to : menujju ke halaman
Links : mengubah sumber link objek pada
document yang aktif
Object : mengedit object yang bukan
berasal dari document word
Menu view, sub menu view
Normal : mengubah tampilan layar ke
bentuk normal
Web layout : mengubah tampilan layar
dalam bentuk web view
Print layout :mengubah tampilan layar
pengetikan ke bentuk print preview
Outline : mengubah tampilan layar ke
bentuk out line view
Task pane : menampilkan / menyembunyikan
bantuan task pane di layar
Toolbars : menampilkan dan
menyembunyikan toolbar
Ruler : menampilkan / menyembunyikan
mistar/garis pengatur
Show paragraph marks : menampilkan
simbol paragraph
Gridlines : menmpilkan tanda garis pada
lembar kerja
Document map : menmpilkan dokumen dengan
disertai peta gambar
Header footer : membuat dan menghapus
judul atas dan bawah di document
Markup : menampilkan toolbar markup
Fullscreen : menampilkan document dalam
satu layar penuh
Zoom : menentukan ukuran tampilan lembar
kerja pada layar
Menu insert, sub menu insert
Break : menentukan jenis perpindahan
halaman
Page number : Memberi nomor halaman
Date and time : menyisipkan tanggal dan
waktu yang berlaku saat ini
Autotext :menyisipkan kata
Field : menyisipkan field
Symbol : menhyisipkan simbol ke dalam
teks
Comment : mnyisipkan komentar
Reference : menyisipkan footnote,
caption, cross reference
Web component : menyisipkan komponen
dari web
Picture : menyisipkan gambar
Diagram : menyisipkan diagram
Text box : menyisipkan teks / atau
gambar yang berada dalam kotak tertentu ke dalam dokumen aktif
File : menampilkan toolbar markup
Object : menyisipkan objek ke dalam
dokument
Bookmark : menyisipkan tanda pada suatu
teks, file, atau dokumen (HTML)
Menu tools, sub menu
tools
Spelling
and grammar : menjalankanpemeriksaan ejaan dan tatabahsa dari teks atau
paragraf dalam suatu dokumen
Language
: menjalangkan pasilitas penerjemah bahasa
Word
count : memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karakter,
paragraf dan baris yang terdapat dalam dokumet aktif
Speech
: mengubah pembicaraan melalui microfon menjadi teks atau sebaliknya
Track
changes : menandai teks yang baru diubah sisihnya
Compare
and marge documents : membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dengan
dokumen lainnya
Protect
document : melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokument
Online
collaboration : menggandakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet
Letters
and mailings : memuat surat melalui fasilitas wizard
Macro
: membuat dan menghapus macro sendiri
Template
dan add_ins : mengatur tampilan template
Autocorrect
option : memperbaiki teks secara otomatis
Costumize
: menata toolbar, menambahkan perintah baru, membuat menu dari toolbar sesuai
keinginan
Options
: membantu menjawab sevekas tabulasi , yaitu view, edit, print, save, user,
information, compability, file locations, security, spelling dan grammar dan
track changes
Menu table, sub menu
table
Draw
table : menampilkan toolbar tables dan borders untuk membuat gammbar tables
Insert
: menyisipkan tables, baris, sel dan kolom
Delete
: menghapus tabl;es, baris, sel, dan kolom
Merge
cells :menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
Split
cell : memecah sel menjadi beberapa sel
Spilt
tables : memecah table menjadi beberapa table
Table
autoformat : memformat table dengan format yang telah disediakan Ms. Word
Autofot
: menentukanpenyesuaian judul windows kolom secara otomatis
Heading
rows repeat : mengulang baris judul
Convert
: mengkorversi teks menjadi table, atau sebaliknya
Sort
: mengurutkandata ata teks
Formula
: menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
Hide
gridines : menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada table
Table
propertise : menampilkan kotak dialog table propertise
Menu window, sub menu
window
New
window : menampilkan dokument yang sama dalam jendela yang beda
Arrange
all : mengatur letak dan bentuk jendela dokument yang aktif agar dapat melihat
seluruh dokumen yang aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
Split
: membagi dokumen yang katif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian tang
berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan
Menu help, sub menu
help
Microsoft
word help : menampilakan menu help word
Show
the office assistant : menyembunyikan atau menampilkan office assistent
Office
on the web : menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi
Ms. Office melalui internet
Activate
product :mendeteksi aplikasi word
Detect
and repair : mendeteksi dan memperbaiki program word
About
Ms. Word :menampilkan kotak dialog tentang Ms. Word yang digunakan
Fungsi Tombol Keyboard
Komputer
Ctrl
+
A :
select All
Ctrl
+
B :
bold
Ctrl
+
C :
copy
Ctrl
+D
: font
Ctrl
+ E :
rata tengah
Ctrl
+ F :
find
Ctrl
+
G :
Go to
Ctrl
+
H :
replace
Ctrl
+ I
: teks miring
Ctrl
+
J :
justify alighment
Ctrl
+
K :
insert hyperlink
Ctrl
+
L :
rata kanan
Ctrl
+ M : hanging
ident
Ctrl
+
N :
new
Ctrl
+
O :
open
Ctrl
+
P :
print
Ctrl
+ Q :
normal style
Ctrl
+R
: rata kiri
Ctrl
+ S :
save/ save as
Ctrl
+
T :
left ident
Ctrl
+
U :
underline
Ctrl
+
V :
paste
Ctrl
+ W : close
Ctrl
+ X :
cut
Ctrl
+
Y :
redo
Ctrl
+
Z :
undo
Ctrl
+1
: singgle spacing
Ctrl
+
2 :
double spacing
Ctrl
+
5 :
1, 5 lines
Ctrl
+ esc : star menu
Kelebihan Dan
Kekurangan
Kelebihan
1. Dapat
menyimpan dokumen dan dapat dibuka kapan saja.
2. Dapat
menyimpan dokumen dengan beragam format sesuai kebutuhan.
3. Ukuran
dokumen bila tersimpan relatif kecil sehingga tidak banyak memakan ruang
penyimpanan.
4. Tersedia
banyak template yang bebas digunakan.
5. Terkoneksi
dengan SkyDrive.
6. Adanya
variasi gaya tulisan yang sangat menarik.
7. Tersedia
tampilan reading view dan print view.
8. Terdapat
fitur untuk memasukkan gambar dan clipart.
9. Tersedia
pengaturan tulisan tentang jarak, ukuran, warna, dan sebagainya.
10. Adanya
fitur find dan replace untuk memudahkan mencari kata.
11. Tersedia
fitur bullet dan numbering yang mempermudah membuat poin penting dokumen.
Kelemahan
1. Ukuran
untuk installer (penginstallan) cukup besar.
2. Selalu
mempunyai versi terbaru dari waktu ke waktu, jadi jika pengguna ingin
menggunakan ms word terbaru, maka harus menyesuaikan spesifikasi terlebih
dahulu laptop atau komputer yang hendak digunakan
3. Minimal
harus menggunakan operasi sistem windows XP SP2, untuk ini sepertinya tidak
perlu khawatir karena kebanyakan saat ini perangkat komputer atau laptop
minimal telah menggunakan os windows7
4. Membutuhkan
waktu untuk proses penyesuaian sistem, hal ini dikarenakan microsoft office
selalu melakukan update dan memiliki versi terbaru
5. Jenis
format default .docx yang tidak akan bisa terbaca pada microsoft word 2003.
Tapi kamu dapat mengakali dengan fitur save as.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar